TENTANG KAMI





Kami, Drs.H. Bambang Cholis S, MSc adalah dosen di Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti dan Dra. Hj.Suliestyah, MSi adalah dosen di Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti Jakarta. Kami berdua peduli terhadap kualitas pendidikan. Oleh karena itulah kami mendirikan Pondok Belajar "QPL" dengan misi "Membangun Generasi Cerdas dan Berkarakter". Selain itu kami juga peduli terhadap pemahaman konsep dasar ilmu Kimia dan ilmu Fisika pada pelajar dan mahasiswa, agar belajar Kimia dan Fisika terasa mudah dan menyenangkan. Oleh karena itulah kami membuka blog berjudul "FISIKA ITU ASIK, KIMIA MEMPESONA".

Harumnya bau parfum, indahnya warna-warni pakaian, sedapnya rasa masakan, adalah dunia kimia yang mempesona. Berkilaunya batu permata dan gemerlapnya kristal-kristal, adalah fenomena kimia yang menakjubkan. Bersama kimia kita dapat membuat perhiasan berlapis emas, bersama kimia kita dapat membuat baja tahan karat. Dengan kimia kita dapat memperkirakan umur fosil dari hewan purba yang hidup jutaan tahun yang lalu, dengan kimia kita dapat membuat bibit unggul tanaman dan buah-buahan. Dalam dunia kimia farmasi, tubuh kita sehat dengan gizi dan vitamin, penyakit dapat sembuh dengan obat-obatan. Tapi, kimia jangan disalah gunakan untuk membuat narkoba dan obat-obat terlarang, apalagi membuat bom untuk kejahatan. Boleh saja membuat bahan peledak, tapi untuk meledakkan lahan yang mau ditambang. Itupun harus ada ijin dari yang berwenang. Dan masih banyak...masih banyak lagi fenomena kimia yang mempesona!!

Masih hangat dalam ingatan kita bahwa terdapat lima rumus Fisika pengubah Dunia, yaitu pertama persamaan Gerak Newton, kedua Hydrodinamika Bernouli, ketiga Elektromagnetik Faraday, keempat Thermodinamika Clausius dan keempat Kekekalan Energi Einstein. Berkat temuan-temuan mereka itulah kita masih dapat merasakan manfaatnya hinga saat ini. Tidak terbayangkan bagaimana kondisi kehidupan manusia saat ini tanpa temuan-temuan mereka. Bagaimana dengan Thomas Alfa Edisson?,dengan penemuan lampu bohlamnya sebagai penerangan terasa sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia hingga saat ini. Tak dapat dibayangkan oleh kita semua, bagaimana kehidupan manusia tanpa lampu penerangan. Dunia akan menjadi gelap gulita. Apa jadinya dunia tanpa Fisika??

Fisika akan terasa asyik manakala kita merenungkan tentang fenomena-fenomena alam berikut ini :
1. Mengapa bumi, bulan, planet-planet, matahari-matahari, dan galaksi-galaksi harus selalu berputar?
2. Mengapa Bumi menarik semua yang ada ke arah pusatnya?
3. Bagaimana udara panas mengabaikan gravitasi dengan mengapung diatas?
4. Jika udara panas naik, mengapa hawa di pegunungan dapat lebih dingin?
5. Apakah hawa yang terlalu dingin itu yang menyebabkan terjadinya salju?
6. Dapatkan astronout melihat bumi yang berputar jika tepat berada di bawahnya?
7. Jika bumi berputar begitu cepat, mengapa kita tidak terlontar keluar?
8. Apakah beruang kutub akan lebih ringan jika berada di katulistiwa?
9. Dapatkah kita mendirikan sebutir telur diujungnya selama vernal equinox?
10. Mengapa energi nuklir di bumi bersifat unik?

Bagaimana, mengapa, dst… dst.., masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang timbul dan memerlukan jawaban dari fenomena-fenomena diatas. Manakala kita dapat menerangkan fenomena-fenomena menarik disekitar kita, akan terasa bahwa memang fisika itu benar-benar asyiik. Semakin banyak pertanyaan atau fenomena-fenomena alam yang memerlukan penjelasan yang lebih lengkap akan semakin tertarik kita mencari jawaban feomena-fenomena tersebut. Anda akan dapat menemukan jawaban dari fenomena-fenomena tersebut di blok ini.
Blog ini bertujuan untuk membantu para siswa dan mahasiswa dalam memahami konsep dasar ilmu Kimia dan ilmu Fisika. Pemahaman konsep dasar merupakan pintu gerbang sukses dalam menjawab fenomena-fenomena kimia dan juga fisika. Semoga bermanfaat.

Bambang – Sulies.
Telp. 08161644615 / 081383316185

Website:
www.pondokbelajar.com
www.kimfis-oke.blogspot.com

Tidak ada komentar